WELCOME TO MY BLOG !!

Tuesday, January 3, 2012

Sistem Pemerintahan Belanda


Sistem Pemerintahan Kerajaan Belanda adalah parlementer. Sistem pemerintahan parlementer adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri. Parlemen juga dapat menjatuhkan pemerintahan, yaitu
dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya. Sistem ini berbeda dengan sistem presidensil, dimana sistem parlemen dapat memiliki seorang presiden dan seorang perdana menteri, yang berwenang terhadap jalannya pemerintahan. Dalam sistem peerintahan presidensil, presiden berwenang terhadap jalannya pemerintahan, sedangkan dalam sistem pemerintahan parlementer, presiden hanya menjadi simbol kepala negara saja.
Belanda juga menganut sistem monarki konstitusional. Sistem monarki konstitusional adalah bentuk pemerintahan monarki yang didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui seorang raja yang dipilih atau sebagai kepala negara secara turun-temurun. Raja yang menjabat sebagai kepala negara tersebut, kekuasaannya dibatasi oleh undang – undang dasar (konstitusi). Berbeda dengan presiden yang hanya menjabat selama kurun waktu tertentu, dalam monarki raja berkuasa selama hidupnya dan akan diganti dengan keturunannya apabila ia (raja) meninggal. Dalam ketatanegaraan Belanda, secara resmi Raja/Ratu merupakan pengikat antara tiga kekuasaan yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

No comments: